Trik Memotret Menggunakan Ponsel Kamera

Hay hay hay.....kan kemarin aku sudah posting tips milih hp kamera,nah sekarang aku coba share trik memotret dengan hp kamera.Memang sich cuma pake kamera hp tapi ga' ada salahnya kan ??,biar hasil foto terlihat maksimal coba beberapa trik berikut....

1.LEBIH DEKAT KE OBJEK→kebanyakan hp kamera saat ini tidak dilengkapi dengan lensa zoom yg maksimal.Jadi pastikan mendekati objek foto yg akan dibidik.Format pengambilan close up membuat hasil foto jadi terlihat lebih detail,tapi hati hati tetap jaga jarak dengan objek.Mode pengambilan foto secara makro tidak selalu tersedia di kamera hp.Terlalu dekat dengan objek bisa membuat hasil foto jadi blur.
2.WASPADAI CAHAYA→low light=gambar buruk,ingat baik baik premis ini.Cobalah mengambil foto dalam kondisi penerangan yg cukup,kecuali hp anda memiliki flash yang terintregasi.Saat memotret di bawah terpaan sinar matahari(sinar yg kuat/terang),objek jangan membelakangi datangnya cahaya.Kecuali akan bereksperimen membuat foto siluet.
3.PERHATIKAN BACKGROUND→tempatkan objek pada latar belakang yang tidak terlalu sibuk.Perhatikan juga apakah latar belakang tidak mengganggu obek,jangan sampai pohon yang ada di belakang objek misalnya seolah olah muncul dari kepala si objek,ntar dikira alien hehe.
4.VARIASI ANGLE→jangan takut untuk bereksperimen,cobalah mengambil foto dengan angle yang berbeda beda.Foto foto akan terlihat tidak monoton dan lebih kreatif.
5.PILIH RESOLUSI TERTINGGI→makin tinggi resolusi yang dipakai makin baik hasil yang didapat.Perbedaan kualitas foto antara resolusi tinggi dan rendah akan nampak saat file dipindahkan dan dilihat dilayar komputer atau setelah dicetak,karena dilayar hp tidak begitu tampak berbeda.
6.BERSIHKAN LENSA→pada umumnya hp kamera tidak dilengkapi dengan penutup lensa,konsekuensinya lensa kamera jadi mudah kotor karena debu ataupun bekas cap jari yang melekat.Nah...pastikan bersihkan lensa sebelum mengambil foto,gunakan kapas atau tisue (jangan pakai amplas ea hehe).
7.STEADY→jaga keseimbangan tangan,usahakan tangan jangan sampai bergoyang saat tombol shutter ditekan.Ini untuk menjaga agar hasil foto tidak blur,bila perlu gunakan self timer.
8.EKSPLORASI FITUR YANG TERSEDIA→hp kamera dari tipe low-end sampai yg high-end biasanya dilengkapi dengan fitur yg lumayan lengkap.Seperti pengaturan brightnees,exposure,white balance,effect dan lain lain.Cobalah mengeksplorasi semua fitur yg ada di hp.Semakin mengenal hp yang digunakan,maka akan bisa maksimal dalam menggunakannya.
9.EKSPERIMEN WHITE BALANCE→cobalah semua pengaturan white balance jika tersedia,untuk memodifikasi warna dan menghasilkan foto yg berbeda.
10.HINDARI ZOOM→dekatkan hp/diri pada objek foto dan jangan gunakan zoom,karena zoom yang ada di hp kebanyakan digital zoom bukan lens zoom,penggunaan digital zoom bisa mengurangi kualitas foto.
11.UKURAN CETAK→jika akan dicetak,sebaiknya perhatikan resolusi foto dengan ukuran cetakan.
12.EDIT DI PC→walau di hp juga tersedia fasilitas edit foto,tapi sebaiknya edit file foto di pc sebelum dicetak.Karena software edit foto di pc lebih baik dan lengkap serta buatlah salinan filenya,juga selalu mengambil foto dalam mode warna,mudah mengedit foto warna menjadi hitam putih tapi foto hitam putih tidak bisa di edit menjadi foto warna.

Oke jeprat jepret mania selamat mencoba trik trik diatas,juga bijaklah dalam mengunakan memory di hp jangan sampai hp menjadi lemot atau hang gara2 full memory.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please coment + kritik,ataupun sarannya,,,,,makasih.