Ayo Taklukan Insomnia

Kita pasti bete kalau sering susah tidur.Insomnia bisa mengganggu siklus tubuh,bahkan bisa mengakibatkan depresi bila terjadi terus menerus,wah wah gawat.

Tanda tanda insomnia antara lain,selalu merasa letih dan lelah sepanjang hari dan terjadi terus menerus (10 hari) mengalami susah tidur,atau kita sering terbangun di tengah malam kemudian tidak dapat terlelap lagi.
Nah,bila itu terjadi ayo taklukan insomnia dengan beberapa jurus yang dilansir Yahoo Health berikut ini,agar lebih mudah terpejam.

1.Hanya jadikan tempat tidur untuk tidur dan bercinta dengan pasangan,bukan untuk melakukan pekerjaan,nonton tv,ngemil atau bertelephone ria.
2.Bila sudah berbaring tapi tak jua terlelap,cobalah menghitung sebanyak banyaknya untuk menghentikan diri memikirkan berbagai macam masalah yang terjadi kemarin,tadi,atau esok hari.Setelah itu hela nafas dalam dalam,kemudian tahan beberapa detik dan hembuskan perlahan lahan agar tubuh dan jiwa terasa rileks,atau bisa juga dengan melihat setiap sudut kamar tidur agar mata terasa lelah dan kantuk pun datang.
3.Cobalah membaca sesuatu yang sangat membosankan,membiasakan rutinitas tidur dari jam biasanya,atau lebih cepat.
4.Usahakan hindari merokok,dan minuman yang mengandung kafein sebelum tidur.
5.Hindari minuman beralkohol,lebih baik memilih untuk makan malam beberapa jam sebelum tidur,karena dapat membuat tidur terasa lebih lelap,perut yang kenyang memang membuat cepat ngantuk hehe.
6.Jangan tidur di depan televisi,dan cobalah bangun pada waktu yang sama setiap hari bukan tidur di saat akhir pekan,cara ini untuk melatih adrenalin dan jam tubuh.
7.Redesain kamar tidur dengan ventilasi yang baik,juga atur suhu udara senyaman mungkin.
8.Mandi air hangat,menikmati segelas susu hangat sebelum tidur,saling memijat dengan pasangan (kalau udah punya) sambil mendengarkan musik klasik yang lembut.
9.Gunakan penutup telingga bila termasuk orang yang sensitif terhadap bunyi bunyian bising.
10.Jika mempunyai nyeri sendi atau sakit kepala,minumlah obat tidur tapi pastikan yang tidak mengandung kafein.

Itulah beberapa jurus untuk mengalahkan insomnia,namun bila tidak berhasil juga ada baiknya memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan apakah mengidap masalah kesehatan dasar, (seperti depresi,kecemasan,hipertiroidisme,gagal jantung,atau penyakit paru obstruktif kronik) yg menjadi pemicu tetap terjaga.

Ok met tidur guys,dapatkan tidur yg berkualitas agar terjaga di esok hari dengan semangat yang baru.
Hoooaaaaammm...met bobo ikan...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please coment + kritik,ataupun sarannya,,,,,makasih.