Hati Hati Dengan Tahi Lalat !!!

Orang bilang tahi lalat itu membuat wajah menjadi terlihat lebih manis.Tapi bisa juga loh menjadi ancaman bagi kulit maupun tubuh kalau penampakan dan perkembangannya abnormal.

Tahi lalat sebenarnya merupakan hasil pigmentasi kulit yang berkembang karena beberapa alasan.Ilmu pengetahuan pun belum bisa menjawab apa fungsinya pada kulit.

Bila semakin membesar,berubah warna dan berbentuk asimetris adalah ciri tahi lalat yang berbahanya,karena bisa jadi pertanda kanker kulit atau melanoma,ckckckck menakutkan.

Tahi lalat yang normal memiliki bentuk stabil walau ada perubahan hormon dalam tubuh.Dan sebaliknya tahi lalat yang berbahaya,ia bisa tumbuh membesar melebihi ukuran kacang polong,ups...

Dikutip dari Essortmen,menurut Cancer Research Institute,ada 4 kriteria yang bisa dijadikan patokan berbahaya atau tidak tahi lalat tersebut,dengan aturan ABCD yakni :
A→asymmetry
Tahi lalat yang bersifat kanker cenderung mempunyai bentuk yang tidak beraturan.
B→border
Mempunyai batas/pinggiran yang abnormal,yakni tepinya bergerigi.
C→colour
Tahi lalat dengan berbagai warna misalnya coklat,merah,putih,biru dan hitam sering menandai tahi lalat yang bersifat kanker ketimbang yang satu warna.
D→dimension
Yang biasanya lebih besar dari tahi lalat 'jinak',bisa sebesar penghapus pensil bahkan lebih.

Masalah ini bukan hanya masalah di permukaan kulit,tapi masalah di dalam lapisan bawah kulit,jadi pengobatan tradisional jarang sekali berhasil.Tahi lalat yang beresiko kanker harus ditangani segera agar tidak mengalami metastis atau penyebaran ke bagian tubuh lain,bisa dengan diangkat/di operasi atau teknik laser.Setelah 2 minggu kulit akan benar benar sembuh.

Nah...ayo cek berapa banyak tahi lalat yang bertahta ditubuh,bisa saja tahi lalat berada di posisi yang sulit dilihat sendiri bahkan ada yang di kelamin loh,ups.....
Segeralah bersikap proaktif dengan memeriksakan ke ahlinya.
Pastikan juga memakai pelembab/krim pelindung dari sinar matahari serta hindari sinar matahari antara jam 10.00 sampai jam 16.00.

Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please coment + kritik,ataupun sarannya,,,,,makasih.