Jongkok Apa Duduk ??

Pernah lihat kan toilet duduk dan toilet jongkok,sekarang kebanyakan di perkotaan memakai toilet duduk,tapi di pedesaan toilet jongkok masih jadi primadona,terus manakah yg lebih sehat ??.

Toilet duduk di identikan dengan sanitasi pembuangan yang tepat dan menurunkan resiko penyakit yang terkait dengan diare dibandingkan toilet jongkok.Tapi toilet duduk juga kerap di identikan dengan mudahnya penyebaran virus/bakteri yang bisa menginfeksi organ reproduksi,wew serem juga.

Nah menurut Healthspace ada beberapa kelebihan dan kekurangan toilet duduk maupun jongkok,yach....walau ada juga pro kontranya,jadi kaya pemilu aza.

Toilet duduk
Sangat baik digunakan pada orang yang telah mengalami penurunan flesibilitas dan kekuatan otot,kelebihan berat badan serta keseimbangannya buruk.Juga mencegah kontak langsung dengan bau dan kutu saat tersambung ke limbah saniter yang tepat.
KERUGIAN toilet ini adalah memicu beberapa masalah medis seperti wasir,panggul prolapse (turun panggul) pada perempuan,radang usus buntu,inkontinensia,prostat dan disfungsi seksual.Serta diduga bisa menjadi penyebaran bakteri/virus yang dapat menginfeksi manusia seperti dermatitis atau iritasi kulit.

Toilet jongkok
Sangat bagus untuk mencegah wasir,mengurangi tekanan yang diperlukan saat buang air besar serta mengobati sembelit,dan salah kalau mengatakan toilet duduk lebih bermartabat daripada toilet jongkok.
Orang yang mengunakan toilet jongkok lebih baik dalam hal mengembangkan otot kaki dan punggung,juga memberikan keuntungan karena mencegah kontak langsung antara tubuh dengan permukaan toilet,hal ini mencegah penularan berbagai penyakit atau infeksi.
KERUGIAN toilet ini adalah tidak bisa digunakan oleh semua kalangan,terutama orang tua,orang cacat atau obesitas karena akan menimbulkan rasa tidak nyaman.Juga diduga bisa memicu timbulnya artritis dan meningkatkan tekanan pada lutut,tapi hal ini bisa dicegah dengan meletakan sepenuhnya kedua telapak kaki di lantai dan postur tubuh yang tepat.

Yang paling harus diperhatikan adalah sistem sanitasi dan pengolahan limbah yang baik untuk menghindari kontaminasi tanah dan air.Sanitasi yang buruk adalah salah satu penyebab utama penyakit dan kematian bayi di negara berkembang seperti Indonesia.

Nah silahkan pilih mau jongkok atau duduk....pilih az yang paling enak hehehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please coment + kritik,ataupun sarannya,,,,,makasih.