Seberapa Cepat Kau Berlari ??

Kecepatan maksimal manusia dalam berlari diyakini bisa mencapai 55-65 km/h,selama ini hanya sekitar 44 km/h.Usain Bolt adalah pemegang rekor tersebut di kategori lari 100 m.
Dalam sebuah jurnal biologi,Journal of Applied Physiology,artikel tentang kecepatan berlari manusia yg ditulis oleh Peter Weyand dari Southern Metodhist University,Rossalind Sandell & Danille Prime dari Rice University serta Matthew Bundle dari University of Wyming,USA.
Menurut Weyand yg diwartakan Times of India ,"batas kecepatan maksimal dipengaruhi oleh kekuatan otot untuk mendorong anggota tubuh berlari,dan itu merupakan salah satu alasan yang masuk akal,kami mencoba untuk mengetahui lebih jauh mengenai kontraksi otot".
Masih menurut Weyand,seseorang bisa membayangkan bila seorang sprinter mampu mencapai kekuatan maksimal konstraksi otot 800-1.000 pounds maka secara biologis manusia mampu lebih cepat,karena kontraksi otot maksimal yang dilakukan manusia hanya terjadi pada satu bagian otot tungkai sedangkan lainnya hanya mendukung.

Penelitan dilakukan dengan menggunakan treadmill berkecepatan tinggi yang mampu membuat manusia berlari dalam kecepatan maksimal.Dan hasil penelitian menunjukan bahwa batas kecepatan lari ditentukan oleh kemampuan kecepatan serat otot berkontraksi.
Namun,para peneliti tersebut mengakui manusia mampu mencapai kecepatan 55-65 km/h sulit untuk dicapai.

Nah......seberapa cepatkah anda berlari ??,
seandainya mampu mencapai 55-65 km/h maka bisa mengalahkan Usain Bolt hehehe....
Silahkan mencoba.

1 komentar:

Iblis1985 mengatakan...

Nice artikel,
bagi kamu yg ingin download aplikasi-aplikasi handler(untuk akses internet gratis) dan tutorial ngeblog lewat hp(operamini/boltbrowser), silahkan kunjungi disini

Posting Komentar

Please coment + kritik,ataupun sarannya,,,,,makasih.