#PacaranMaTuhan ft Manunggaling Kawulo Gusti

Siapa sih yg belum pernah denger ungkapan “Manunggaling Kawulo Gusti” yang sangat kontroversial itu ??,bahkan mungkin ungkapan itu akan di cap musryik karena dianggap menyekutukan Allah.
Tapi menurut pendapatku “Manunggaling Kawulo Gusti” itu ga lebih dari kita menyakini kalau Allah itu ada dalam tiap jiwa manusia,”Manunggaling Kawulo Gusti” atau dalam bahasa Indonesia yang artinya “Bersatunya Hamba Dan Tuhan” bukan berarti kalau kita mengaku kita sebagai Tuhan,tapi mengakui dan bertingkah laku seakan akan Tuhan ada dan memang ada dalam tiap hela nafas,sehingga apa yang kita lakukan semata untuk mencari ridho Tuhan.
Kebetulan Tadi aku sempat baca timeline twitter mbah @sudjiwotedjo tentang #PacaranMaTuhan yang menurutku bisa di asumsikan sebagai perwujudan “Manunggaling Kawulo Gusti”…dan ini aku sengaja copas tweetnya
1.Baiklah aku akan share lagi apa itu #PacaranMaTuhan..Silakan gelar tikar..Sambil ngencuk juga gak papa
2.Inti #PacaranMaTuhan sederhana,yaitu tak ada yg kamu cintai selain Tuhan..Kesukaanmu kpd apapun Cuma dlm rangka cintamu kpd Tuhan
3.#PacaranMaTuhan ya ibarat “pacaran” ma wujud fisik dunia..Berpikir dan berbuat yg menurut angggapnmu disukai Tuhan
4.Maka dlm benakkku,#PacaranMaTuhan itu tak lain adalah menjadikan dirimu total sebagai eksekutor kehendak Tuhan di muka bumi
5.Lho..Kan Tuhan “tidak bertangan” nggak mungkin langsung “menolong” org,jadikanlah tanganmu sbg “tangan” Tuhan #PacaranMaTuhan
6.Kalau Tuhan senang Tuhan jg gak mungkin nyium kamu langsung..Dia akan memilih wakilnya untuk ciuman ma kamu #PacaranMaTuhan
7.Maka bagi aku do’a sblm ciuman:Tuhan,semoga yg akan aku cium ini betul2 manusia yg sedang kau kirim kpdku karena sayangMu #PacaranMaTuhan
8.#PacaranMaTuhan berarti bukan cuma menyembah/memuja,tapi  “awor” atau manunggal(“ciuman,”ngencuk”) dgn Tuhan…
9.#PacaranMaTuhan berarti berhenti cuma mengatakan bahwa Tuhan Maha Kuasa,tp juga melonjak berseru “Tuhan Maha Asyik”

Nah itu beberapa tweet mbah @sudjiwotedjo yag menurutku sangat memberikan pencerahan tentang pemahaman Tuhan…..,,bahkan dulu mantan bozq pernah bilang gini :
”ko…kalo kamu lagi shalat trus tiba2 kamu jadi mikirin cewemu ,kamu kembalikan saja semuanya sama Allah,karena Dia yang ngizinin kamu buat mikirin cewemu dlm shalat,insya Allah kamu bisa langsung kembali  fokus buat menyua Allah dlm shalatmu”.

Buat yang sempat baca postingan ini,,,,aku mohon dengan sangat buat menelaah dengan akal sehat bukan dengan fanatisme yang dangkal,,tapi apapun pemahamanku tentang “Manunggaling Kawulo Gusti”,aku ga akan menyuruh siapapun buat berfikiran yang sama,dan aku tidak pernah akan mencoba menyekutukan Tuhan-ku dengan apapun dan siapapun.

Karena Tuhan itu juga Maha Asyik maka aku yakin Dia ga akan serta merta menghakimi aku menyekutukan-Nya,apalagi menuding aku musryik walaupun sangat sangat berhak…..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please coment + kritik,ataupun sarannya,,,,,makasih.