Fenomena Blue Moon

Astronom memprediksi munculnya Blue Moon saat malam pergantian tahun baru.Sayangnya bulan biru di malam tahun baru hanya berlaku d negara2 barat,tidak d Indonesia.
Professor riset astronomi Lembaga Antariksa Nasional(LAPAN) Thomas Djamaluddin menyebutkan,Bulan Biru sebenarnya hanya terminologi yg digunakan untuk menyebut bulan penuh/purnama yg datang dua kali dalam satu bulan.Dan pada pergantian tahun malam ini,hanya negara negara barat yg mengalami fenomena Bulan Biru.
Di barat,desember ini terjadi dua kali purnama,yaitu tanggal 2 dan 31 desember.Purnama kedua yg terjadi pada bulan ini di barat yg disebut sebagai Bulan Biru.
Rentang waktu yg berbeda antara Asia dengan barat menyebabkan Bulan Biru tidak berlaku di Asia,termasuk Indonesia.Karena jika di barat masih tanggal 31 desember 2009,di Indonesia telah masuk 1 januari 2010,sehingga fenomena tersebut tidak bisa dikategorikan sebagai bulan biru di Indonesia.
Bulan biru di Indonesia akan terjadi pada tanggal 30 januari 2010 karena pada bulan januari di Indonesia akan terjadi dua kali purnama,yaitu pada tanggal 1 dan 30 januari 2010.
Fenomena bulan biru bukanlah fenomena alam yg langka karena dapat dipastikan terjadi setiap dua bulan.
(sumber okezone.com,dengan pengubahan seperlunya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please coment + kritik,ataupun sarannya,,,,,makasih.